Langsung ke konten utama

Bahasa dan Huruf

Bahasa merupakan segala bentuk komunikasi dimana pikiran dan perasaan manusia disimbolkan agar dapat menyampaikan arti pada orang lain. Perkembangan kemampuan bahasa sangat dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor bawaan dan faktor pengasuhan. Faktor bawaan mengacu kepada warisan biologis organisme, sementara faktor pengasuhan mengacu kepada pengalaman lingkungan.


Pengembangan aspek bahasa merupakan salah satu aspek penting yang harus dikembangkan pada pendidikan anak usia dini, karena Bahasa adalah alat komunikasi yang selalu digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk berinteraksi. Bahasa merupakan alat komunikasi untuk menyampaikan makna kepada orang lain dan membangun interaksi antara individu satu dengan lainnya. Kemampuan berbahasa menunjukkan kemampuan manusia yang kompleks dan fantastis, sehingga bahasa dapat berkembang dengan cepat sejak anak usia dini. Perkembangan bahasa dimulai dari lingkup terkecil, yaitu keluarga kemudian semakin meluas ke lingkungan sekitar anak.

Mengingat pentingnya peranan bahasa dalam kehidupan tersebut, maka salah satu tujuan diselenggarakannya pendidikan anak usia dini adalah untuk mendorong anak mencapai tingkat perkembangan bahasa sesuai tahapan perkembangan usianya. Pada bidang pengembangan keaksaraan anak, tingkat pencapaian perkembangan yang harus dicapai meliputi mengenal suara huruf, bentuk huruf, membaca, dan menulis. Berdasarkan beberapa pernyataan kemampuan membaca permulaan diatas, kemampuan menyebutkan bunyi dan mengerti bentuk huruf merupakan kemampuan yang perlu dikembangkan untuk anak menuju belajar membaca.