Langsung ke konten utama

Finansial dan Keuangan

Pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, finansial diartikan sebagai suatu hal yang berurusan dengan keuangan. Keuangan adalah ilmu yang mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan masalah kas, arus kas, pengeluaran, pendapatan, dan masalah yang terkait dengan mata uang lain atau flat. Di sini, uang adalah alat pembayaran baik dalam bentuk mata uang maupun dalam bentuk giro dan cara pembayaran lainnya. Keuangan dapat didefinisikan sebagai kemampuan untuk menemukan dan mengelola uang, sehingga keuangan berkaitan dengan bagaimana mendapatkan uang dari berbagai sumber dan bagaimana mengalokasikan dana atau uang yang terbatas.


Maka dari itu keuangan adalah merupakan masalah yang cukup penting dalam suatu rumah tangga maupun bisnis. Suatu hal yang harus diperhatikan dalam mengelola keuangan sehingga teratur dan terpelihara baik, ialah sedapat mungkin berusaha membuat keadaan antara penghasilan dan pengeluaran menjadi seimbang.

Untuk mengatur keuangan tersebut ada baiknya apabila pendapatan dan pengeluaran keuangan yang terjadi dicatat dalam buku khusus yang disediakan untuk keperluan itu, dengan demikan dapat diketahui dengan tepat berapa banyak keuangan yang diterima dan berapa besar pengeluaranya. Ada baiknya pula apabila besar pendapataan dan pengeluaran itu disesuaikan. Artinya banyaknya pengeluaran hendaknya di usahakan agar jangan sampai melebihi besarnya pendapatan. Sehingga tidak terjadi “besar pasak daripada tiang”, artinya pengeluaran lebih besar dari pendapatan. Caranya antara lain ialah dengan menghemat, menghindari pengeluaran-pengeluaran yang sifatnya kurang perlu, dan lain sebagainya.