Langsung ke konten utama

Kegiatan Pramuka

Gerakan Pramuka adalah badan non Pemerintah, yang berusaha membantu pemerintah dan masyarakat, dalam membangun masyarakat dan bangsanya, khusus di bidang pendidikan, melalui kegiatan keperamukaan dengan menggunakan prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan. Agar supaya semua perangkat kerja pemerintah dan seluruh anggota masyarakat, menyadari bahwa Gerakan Pramuka adalah milik masyarakat, dan ikut berperan dalam pembentukan pribadi anak atau pemuda itu, maka perlu disampaikan informasi dan penerangan kepada semua pihak tersebut, segala hal yang berkaitan dengan pendidikan kepramukaan itu.


Sebagai wadah pendidikan non formal. Gerakan Pramuka menggunakan prinsip dasar metodik pendidikan keperamukaan. Proses pendidikan keperamukaan pada hakekatnya berbentuk kegiatan menarik yang mengandung pendidikan, bertujuan pendidikan, dilandasai nilai-nilai pendidikan, dilaksanakan diluar lingkungan pendidikan sekolah, dengan mengggunakan prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan.

Pendidikan kepramukaan sesuai dengan gagasan penciptanya Lord Baden Powell yang mula-mula dituangkan dalam buku Scouting for Boys, pada dasarnya ditujukan pada pembinaan anak-anak dan pemuda. Jadi bukan pendidikan untuk orang dewasa, yang bertindak sebagai pamong dengan sikap sesuai dengan sistem among, membawa peserta didik ke tujuan Gerakan Pramuka. Dengan demikian maka fungsi Pendidikan keperamukaan akan berbeda, yaitu untuk anak-anak dan pemuda berfungsi sebagai permaianan atau kegiatan yang menarik, sedang bagi yang dewasa merupakan pengabdian dari para sukarelawan.

Proses Pendidikan bagi peserta didik ditujukan pada pencapaian tujuan Gerakan Pramuka. Proses pendidikan ini dilakukan dalam bentuk kegiatan yang dilaksanakan dari, oleh dan untuk peserta didik dalam lingkungan alam mereka sendiri, dipimpin oleh mereka sendiri, tetapi dibawah bimbingan dan tanggung jawab orang dewasa sebagai Pembinanya.