Langsung ke konten utama

Memperkenalkan Huruf Hijaiyah untuk Pembelajaran Bahasa Arab

Huruf hijaiyah adalah huruf-huruf yang digunakan sebagai dasar pembelajaran baca tulis bahasa Arab. Sedangkan huruf hijaiyah secara lebih rinci adalah kumpulan huruf-huruf yang berjumlah 29 huruf. Huruf hijaiyah terdiri dari dua kata yaitu huruf dan hijaiyah. Huruf adalah bentuk jamak dari al-harfu yang berarti bagian terkecil dari lafal yang tidak dapat membentuk makna tersendiri kecuali harus dirangkai dengan huruf lain. Huruf dalam bahasa Arab disebut hijaiyah. Asal mulanya berasal dari perkembangan sistem huruf di Mediteriania kuno yang dapat dilacak sudah mulai sejak peradaban Mesir muncul pada 2000 SM.


Pengenalan huruf hijaiyah ini termasuk juga pada perkembangan bahasa anak karena anak dikenalkan dengan keaksaraan awal. Bahasa dibedakan ke dalam dua kategori yaitu bahasa reseptif dan bahasa ekspresif. Bahasa reseptif mencakup kemampuan anak dalam menerima informasi. Sedangkan bahasa ekspresif mencakup kemampuan anak dalam mengeskpresikan dirinya. Bahasa reseptif mencakup dua kemampuan yaitu kemampuan mendengar dan membaca.

Masa anak-anak mulai dikenalkan pada pendidikan baca tulis huruf hijaiyah dengan tahapan dasar pengenalan huruf hijaiyah, tahapan-tahapan dalam proses pengenalan akan semakin meningkat sehingga anak dapat membaca kata atau kalimat berhuruf hijaiyah dengan baik dan benar.