Langsung ke konten utama

Berhitung untuk Keseharian

Matematika sebenarnya tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari, arti matematika mempunyai kegunaan yang praktis dalam kehidupan sehari-hari. Semua masalah kehidupan membutuhkan pemecahan secara cermat dan teliti. Matematika menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai mengerjakan hitungan seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Bermula dari urutan sederhana kemudian menuju hal yang rumit, bermula dari hal yang konkrit menuju hal yang abstrak.


Usia dini merupakan usia yang efektif untuk mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki oleh anak. Pengembangan dapat dilakukan dengan salah satu cara yaitu melalui berhitung. Berhitung pada anak tidak hanya terkait dengan kemampuan kognitif saja, tetapi juga kesiapan mental sosial dan emosional, karena dalam pelaksanaanya harus dilakukan dengan kegiatan yang menyenangkan untuk anak. Kemampuan berhitung anak merupakan bagian yang sangat penting dari program pembelajaran matematika dan prasyarat keterampilan matematika, karena matematika diperlukan dan penting dalam kehidupan manusia sehari-hari terutama dalam memecahkan permasalahan. Seiring dengan perkembangan anak-anak dari mulai Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar awal tahap kemampuan berhitung anak lebih cepat berkembang karena mereka sudah mampu menghitung, mencocokkan bilangan dengan angka, serta mereka mampu menghitung lebih dari 10.

Kemampuan berhitung juga merupakan bagian dari matematika yang dapat menumbuh kembangkan kemampuan kognitif anak. Kemampuan berhitung pada anak sangat penting dikembangkan, karena berhitung dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari anak agar mampu menyiapkan mental untuk masa depan.